Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama-Nama Gunung di 11 Negara ASEAN

Berikut adalah daftar nama-nama gunung yang ada di negara-negara anggota ASEAN :

1. Mynmar (Gunung Hkakabo Razi)= 5.881 MDPL

Gunung Hkakabo Razi dengan tinggi 5881 meter. Gunung ini merupakan Gunung tertinggi di Asia Tenggara, terletak di Utara negara Myanmar tepatnya di Provinsi Kachin dan merupakan bagian dari Taman Nasional Hkakabo Razi yang dibuka sejak tahun 1998. Pendaki pertama yang berhasil mendaki Gunung ini adalah Takahashi Ozaki dari Jepang. Gunung ini merupakan menjadi pembatas antara 3 negara yaitu China (Tibet), India (Arunachal Pradesh) dan Myanmar.

2. Indonesia (Puncak Jaya) = 4.884 MDPL

Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global. Puncak ini merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia kawasan Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia.

3. Malaysia (Gunung Kinabalu) = 4.095 MDPL

Gunung Kinabalu terletak di Sabah, Malaysia, dengan ketinggian 4,095 mdpl. Gunung ini merupakan gunung kelima tertinggi di Asia Tenggara dan juga puncak dari pulau kalimantan.gunung ini masuk kedalam Situs Warisan Dunia UNESCO dikarenakan kekayaan ekologis yang terdapat didalamnya. gunung ini merupakan tempat habitat dari kurang lebih 6000 spesies flora, 326 burung, dan 100 spesies mamalia. di kawasan ini pula terdapat taman raflesia raksasa dan populasi orang utan

4. Vietnam (Gunung Fansipan) = 3.143 MDPL

Gunung Fansipan adalah sebuah gunung di Vietnam, tertinggi di Indocina (terdiri dari Vietnam, Laos, dan Kamboja), pada 3143 meter (10.312 kaki). Gunung ini terletak di Lao Cai Province wilayah Barat Laut Vietnam, 9 km sebelah barat daya dari Sa Pa Township di pegunungan Hoang Lien Son.

5. Timor Leste (Gunung Ramelau) = 2.986 MDPL

Gunung Ramelau kadang disebut Tatamailau sebagai gunung tertinggi di Timor Leste dan juga keseluruhan pulau Timor pada dengan ketinggian 2986 m (9.797 ft). Gunung ini terletak sekitar 70 km selatan ibukota Dili di distrik Ainaro. Gunung Ramelau merupakan situs budaya dan sejarah besar bagi rakyat Timor. Yang biasanya dikunjungi untuk tujuan agama dan budaya.

6. Filipina (Gunung Apo) = 2.954 MDPL

Gunung Apo adalah stratovolcano aktif yang berpotensi terjadinya letusan besar di pulau Mindanao, Filipina. Dengan ketinggian 2.954 meter (9.692 kaki) di atas permukaan lautdan merupakan gunung tertinggi di negeri ini yang terletak di antara kedua provinsi yaitu provinsi Davao del Sur di Wilayah XI dan provinsi Cotabato di Kawasan XII.

7. Laos (Gunung Phou Bia) = 2.817 MDPL

Gunung Phou Bia adalah gunung tertinggi di Laos dengan ketinggian 2817 Meter yang terletak di Annam Cordillera, di batas selatan Xiangkhoang Plateau di Provinsi Xiangkhouang. Karena ketinggiannya gunung sebagian besar diselimuti awan dan iklim yang dingin.

8. Thailand (Gunung Doi Inthanon) = 2.576 MDPL

Doi Inthanon adalah puncak tertinggi dataran tinggi Thailand dengan ketinggian 2576 Meter yang membentang ke selatan dari Daen Lao Range. Ini adalah lokasi terbaik untuk pemandangan dan menawarkan pengunjung suasana hutan, kehidupan burung dan air terjun di negara Thailand

9. Brunei Darussalam (Gunung Pagon) = 1.850 MDPL

Gunung Pagon adalah sebuah gunung yang terletak di negara Brunei yang memiliki ketinggian 1850 meter, atau setara dengan 6070 kaki. Dataran tinggi berbentuk Bukit yang bernama Bukit Pagon ini berada di wilayah Asia

10. Kamboja (Gunung Phnom Aural) = 1813 MDPL

Gunung Phnom Aural adalah puncak tertinggi di Kamboja. Gunung ini terletak di dalam distrik Aoral, Provinsi Kampong Speu dengan ketinggian 1813 meter terletak bagian timur Pegunungan Cardamom dengan taman nasional Phnom Aural Wildlife Sanctuary dalam melindungi kawasan konservasi hutannya.

11. Singapura (Bukit Timah) = 164 MDPL

Negara Singapura tidak mempunyai gunung tetapi memiliki kawasan tertinggi di negaranya yaitu Bukit Timah. Dengan ketinggian 164 meter merupakan titik tertinggi di Singapura.Bukit Timah juga dikenal sebagai District 11, ialah salah satu daerah resmi dalam pulau negara kota Singapura.

Posting Komentar untuk "Nama-Nama Gunung di 11 Negara ASEAN"

Flag Counter